Jumat, 23 November 2012

Dekorasi Rumah Adat Batak Toba

 Rumah Adat Batak Toba


Jika anda hendak membuat rumah dengan desain rumah adat batak toba, ciri utamanya adalah pada bagian atap berbentuk segitiga yang biasanya terbuat dari anyaman bambu yang dikenal dengan lambe-lambe. Biasanya pada lambe-lambe dilukiskan lambang pembuat dari sifat pemilik rumah tersebut, dengan warna tradisional merah, putih dan hitam.
yang unik dari desain rumah adat Batak Toba adalah Hiasan pada kusen pintu masuk. Biasanya dihiasi dengan ukiran telur dan panah. Tali-tali pengikat dinding yang miring disebut tali ret-ret, terbuat dari ijuk atau rotan. Tali pengikat ini membentuk pola seperti cicak yang mempunyai 2 kepala saling bertolak belakang, maksudnya ialah cicak dikiaskan sebagai penjaga rumah, dan 2 kepala saling bertolak belakang melambangkan semua penghuni rumah mempunyai peranan yang sama dan saling menghormati.
Dan yang tak boleh ditinggalkan dalam mendesain rumah ala Batak toba adalah Gorga yaitu ukiran atau pahatan tradisional yang biasanya terdapat di dinding rumah bahagian luar dan bagian depan rumah. Biasanay dekorasi ini dibuat dengan cara memahat kayu dan kemudian mencatnya dengan tiga warna bolit yaitu merah-hitam-putih.
Untuk meniru desain rumah Batak Toba mulai dari dinding rumah dibuat miring, dipasang pintu dan jendela pada balok keliling. Bagi orang Batak, hal ini Untuk melambangkan rukut-sitelu, atap rumah berbentuk segitiga dan bertingkat tiga. Pada setiap puncak dan segitiga-segitiga terdapat kepala kerbau yang melambangkan kesejahteraan bagi si empunya rumah. Pinggiran atap sekeliling rumah di semua arah sama, menggambarkan bahwa penghuni rumah mempunyai perasaan sehati, seperjuangan,senasib dan sepenanggungan.

Rumah Adat Batak Toba

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar